Tuesday, March 18, 2008

North Maluku-Gamalama dan Tidore


Awal tahun kemaren, aku membayangkan kalau aku akan melakukan perjalan jauh di bulan Maret. Makanya waktu bossku menawarkan untuk ikut terlibat kegiatan di North Maluku, aku langsung bilang iya. Dan dimulailah perjalan Jogja-Makassar-Ternate. Yuuuuuk.

Ternate, hmmm kota ini tidak terlalu besar, bahkan bila dibandingkan kota kelahiranku, Pematang Siantar, angkot dan motor di mana-mana, cuma punya satu mall. Tapi yang paling mengagumkan untuk kesan pertamaku adalah: gunung ditepi pantai!! Kereeeeeeen. Gunung Gamalama (jangan-jangan Dorce berasal dari sana?) berdiri gagah dengan bekas-bekas aliran lahar waktu meletus tahun 2003 (?) yang lalu.

Memasuki kota Ternate, setelah di kantor, aku di antar ke hotel. Hotel bintang 4, baru softlaunching Desember kemaren, so, no wonder kalo pelayanannya masih ala melati. Kata-kata yang ga perlu, cara pelayanan yang super duper preman (hehehe), dan kasus-kasus unik lainnya yang menjadi santapan kami selama seminggu lebih di sana.

Pemandangan dari kamar hotel juga keren. Aku bisa langsung melihat gunung Tidore yang ada di pulau Tidore, pulau Maitara dan laut lengkap dengan speed dan kapal sebagai aksesoris (aksesoris? Plis d). Tidore dari hotel seperti di foto ini, bisa lebih bagus lagi, seandainya cuacanya lebih bagus, kameranya lebih bagus dan yang ngambil gambar lebih pinter wakakaka.

Datang ke Ternate, membuatku menyadari ternyata aku menyukai laut sodar-sodara!! Aku suka naik speed boat! Padahal selama ini, kalo aku liat pertualangan di laut, aku langsung membayangkan pusingnya, mualnya dan gonjang-ganjinya. Waktu dijalani sendiri, ternyata... seru banget!! Aku sampe kagum sama diri sendiri hahaha.


Hari-hari selanjutnya diisi dengan training dan pengumpulan data, sesuatu yang membuatku lebih semangat lagi. Pertualangan ini akan semakin seru, karena aku tidak hanya bekerja, tapi bermain. Impianku untuk mengunjungi Indonesia Timur kesampaian. Berikutnya, aku percaya aku akan mengunjungi Papua!!


Next: Laut: Antara Ikan Hiu, Dolphin dan Ikan Terbang

No comments: